Potensi Wisata

Potensi Wisata
Lihat Berkas & Download -- (POTENSI WISATA)

1. Taman Pakujoyo

Taman Pakujoyo berada di Kelurahan Gayam Kecamatan Sukoharjo dengan menempati lahan seluas 4.371 meter persegi. Lahan itu awalnya tanah kas kelurahan yang tidak bisa difungsikan secara optimal sebagai pertanian, sehingga dialihfungsikan dibangun Taman Pakujoyo

Taman Pakujoyo didesain sebagai taman edukasi dilengkapi dengan sarana pembelajaran lalu lintas yang berfungsi untuk mengenalkan peraturan dasar dan tata cara berlalu lintas. Fasilitas kelalulintasan yang ada di taman ini antara lain Rambu Lalulintas, traffic light, warning light, Pelican Crosing, halte, Zebra Cross, Papan Display Rambu dll.

Taman Pakujoyo dilengkapi sejumlah fasilitas. Seperti angkutan wisata bus Tayo singkatan dari Taman Pakujoyo, wahana outbond, taman telaga buatan dan tubing. Pengunjung juga bisa menikmati permainan anak-anak, ada ayunan maupun plosotan.

 

2. Desa Wisata Kreatif Kenep

Kelurahan Kenep mendeklarasikan diri menjadi Desa Wisata Kreatif sejak tahun 2010. Berawal dari gelontoran dana program PNPM Mandiri Perkotaan, Kelurahan Kenep menjadi satu-satunya kelurahan di Sukoharjo yang mendapat penghargaan “network development” dan mendapat dana Rp1 miliar. Dana tersebut digunakan untuk pengembangan kelurahan hingga akhirnya mencetuskan Desa Wisata Kreatif dan berlanjut hingga sekarang.

Kelurahan Kenep memiliki luas 282.1535 hektar (ha). Berdasarkan data per Januari 2018, jumlah penduduk di Kelurahan Kenep sebanyak 5.227 jiwa yang terdiri dari laki-laki 2.606 orang dan perempuan 2.621 orang. Potensi kampung tua yakni Kampung Kedunggudel dan sejumlah industri kreatif menjadi daya tarik yang ditawarkan. Diantaranya batik yang mencapai 11 industri, produksi jenang sebanyak 15 orang, makanan ringan 20 orang, industri karak/rambak 15 orang, aneka kerajinan 10 orang, belum lagi usaha obat- obat herbal atau jamu.

 

3. Taman Wijaya Kusuma

Taman Wijaya Kusuma yang berada di Kelurahan Sonorejo, Kecamatan Sukoharjo tepatnya di pinggir jalan raya Cuplik Telukan. Taman ini sedikit mangkrak namun seiring perkembangan diadakan renovasi kembali untuk mempercantik tampilannya, terlebih saat ini masyarakat membutuhkan taman bermain sekedar sebagai hiburan.

Area Taman Wijaya Kusuma dilengkapi dengan sirkuit Motocross dibagian barat dari Taman. Selain itu ada penambahan Skate Park untuk sarana olahraga Skateboard bagi kawula muda.

Share :