Penyuluhan Dan Pemeriksaan IVA TES & SADANIS TP PKK & DWP KEC. SUKOHARJO TAHUN 2017

Penyuluhan Dan Pemeriksaan IVA TES & SADANIS TP PKK & DWP KEC. SUKOHARJO TAHUN 2017

Dalam rangka memperingati Bulan Kanker se Dunia Tahun 2017, Tim Penggerak PKK dan Dharma wanita Persatuan Kecamatan Sukoharjo mengadakan kegiatan Tes IVA (Inspeksi Visual Acetat) dan SADANIS (Pemeriksaan Payudara Klinis).

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 15 November 2017 mulai jam 07.30 sampai dengan selesai yang bertempat di Puskesmas Pembantu Begajah. Alhamdulillah pelaksanaan kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar, dari jumlah undangan 51 orang hadir 49 orang, ini membuktikan bahwa tingkat kesadaran kader PKK dan anggota DWP Kecamatan Sukoharjo yang tinggi akan pentingnya pemeriksaan tersebut.

Kesuksesan kegiatan tersebut tak lepas dari peran Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Unsur Pelaksana DWP Kecamatan Sukoharjo Ibu Suyati Gondang Redjono sebagai motor penggerak,  peran Kepala Puskesmas Sukoharjo dr. Titik Sri H yang telah memfasilitasi kegiatan tersebut dan juga para petugas medis yang telah membantu melaksanakan pemeriksaan sehingga berjalan dengan sukses.

Di Indonesia, jumlah penderita kanker leher rahim atau kanker serviks sangat tinggi. Hal tersebut menjadikan kanker serviks sebagai pembunuh wanita nomor dua di Indonesia. Berawal dari itulah maka kegiatan ini dilaksanakan. Dengan tujuan agar terdeteksi secara dini apabila terjadi gejala penyakit kanker serviks.  Dan juga dengan kegiatan penyuluhan yang telah dilaksanakan, ibu-ibu yang sudah melakukan pemeriksaan dini ini diharapkan dapat mengajak ibu-ibu yang lain yang belum melakukan pemeriksaan untuk ikut melakukan pemeriksaan dini.  Sehingga apabila terjadi gejala segera dapat teratasi/dicegah sebelum berlanjut.

Share